-->

NING - BAB V

Post a Comment

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT

A.    Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make- A Match dapat meningkatkan minat,  penerapan model pembelajaran Make- A Match dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam diskusi, dan penerapan model pembelajaran Make- A Match dapat meningkatkan nilai hasil ulangan.mSelain hal tersebut ada persepsi dan kesan siswa yang signifikan terhadap model pembelajaran Make- A Match.
Penerapan model pembelajaran Make- A Match menjadikan proses pembelajaran menjadi hidup, lebih menyenangkan, lebih menarik perhatian siswa, situasi kelas menjadi lebih kondusif, siswa menjadi lebih aktif, siswa memperhatikan pelajaran dan ada peningkatan profesionalisme guru.

B.     Saran dan Tindak Lanjut
Dari hasil penelitian tersebut maka dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut:
  1. Sekolah dapat memberikan fasilitas bagi guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran Make- A Match yang dapat meningkatkan minat belajar siswa.
  2. Mengingat ada peningkatan minat belajar, keaktifan siswa, dan nilai hasil belajar maka guru dapat menerapkan model pembelajaran Make- A Match dengan karakter mata pelajaran dan konsep yang sama.
  3. Siswa diharapkan selalu aktif dan kreatif dalam penerapan model pembelajaran Make- A Match sehingga dapat meningkatkan minat belajarnya.
  4. Mengingat pelaksanaan penelitian ini baru 3 siklus, maka peneliti lain diharapkan dapat melanjutkan untuk mendapatkan temuan yang lebih signifikan.
  5. Instrumen tes dan lembar observasi yang digunakan dalam penelitian ini masih merupakan instrumen yang tingkat validitasnya belum memuaskan, peneliti berikutnya diharapkan dapat menggunakan instrumen yang standar atau valid dan reliabilitasnya standar.
  6. Guru hendaknya selalu menyadari kelemahan dan kekurangan yang ada pada dirinya dan juga anak didiknya, dan memiliki komitmen tinggi untuk melakukan perubahan secara aktif dan positif.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter