-->

Penelitian Yang Relevan for Rahayu

Post a Comment
Penelitian yang relevan
Pada tahun 2009 peneliltian yang dilakukan oleh Ratna Satyawati mahasiswa Universitas Yogyakarta yang berjudul UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JETIS BANTUL DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH, menyimpulkan bahwa Proses cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan minat belajar siswa sebagai berikut: (a)  Siswa dikelompokkan secara heterogen, setiap kelompok terdiri dari empat orang dan diberi LKS untuk didiskusikan, (b) Sebagai sesi review, setiap siswa memperoleh dua buah kartu yang berisi kartu soal dan kartu jawab yang bukan pasangannya, setiap siswa mencari kartu jawaban dari kartu soal yang dipegang yang berada pada teman satu kelompok atau dua kelompok lain yang telah ditentukan sebelumnya, jika seluruh anggota kelompok telah menemukan pasangan kartu yang cocok, maka kelompok tersebut memberi tanda, jika ada siswa yang tidak dapat mencocokkan kartunya, akan mendapat hukuman yang telah disepakati bersama, siswa juga boleh bergabung dengan 2 atau 3 siswa lainnya yang memegang kartu yang cocok
Hasil lain ditunjukkan oleh Winda Ramadianti pada penelitiannya yang berjudul UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH pada penelitiannya yang berjudul. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VIIIC setelah diberikan tindakan berupa pembelajaran kooperatif teknik make a match. Secara umum, tahap pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan adalah diskusi kelompok dengan menggunakan LKS, penyampaian hasil diskusi oleh siswa, pembahasan hasil diskusi, permainan mencari pasangan dan tanya jawab antar siswa, serta pemberian penghargaan kelompok. Hasil observasi motivasi belajar matematika siswa kelas VIIIC menunjukkan adanya  peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2, yaitu 65,63%  atau dalam kategori sedang pada siklus 1 meningkat menjadi 67,84% atau dalam kategori tinggi pada siklus 2. Selain itu dari hasil angket motivasi belajar siswa juga menunjukan adanya peningkatan banyak siswa yang memiliki motivasi belajar matematika dengan kategori tinggi.
Dari penelitian-penelitian tersebut dapat dianalisa bahwa cooperative learning tipe make a match merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Namun penerapannya dalam mata pelajaran yang lain masih jarang digunakan. Maka dalam dalam fokus penelitian ini akan diaplikasikan pada mata pelajaran yang berbeda yakni Bahasa Jawa pada kelas V (lima) Sekolah Dasar. Diharapkan diperoleh hasil sesuai dengan penelitian-penelitian sebelumnya atau bahkan lebih baik.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter