-->

PTK012 - Penerapan Metode Sosiodrama untuk meningkatkan ketrampilan Berkomuniksi Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di SD XXXX

Post a Comment
Banyaknya siswa kurang trampil berkomunikasi bahasa Indonesia merupakan masalah yang mempengaruhi pembelajaran sehari – hari khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dialog untuk berinteraksi yang menyenangkan menggunakan metode sosiodrama selain dengan seni bermain peran dilengkapi alat peraga, perlengkapan kostum yang sesuai perannya. Situasi menyenangkan meningkatkan kemampuan pemahaman dalam ketrampilan berkomuniksi bahasa Indonesia sehingga sangat bermanfaat bagi guru untuk proses pembelajaran maupun siswa untuk prestasi belajar. Dalam melakukan penelitian tindakan kelas masing – masing siklus 4 tahap yaitu ; perencanaan, pelaksanaan, observasi evaluasi, refleksi penelitian ini dilakukan 4 bulan (Agustus – November 2008). Hasil yang telah dilakukan adalah sebagai berikut : sebelum perbaikan yang mendapat nilai ≥ 75 sebanyak 5 anak (20 %)

Pada perbaikan siklus 1 yang mendapat nilai ≥ 75 sebanyak 12 anak (48%). Pada perbaikan siklus 2 yang menapat nilai ≥ 75 sebayak 20 anak (80%) pada silus 2 menunjukan ketuntasan belajar, maka metode sosiodrama dapat meningkatkan pengetahuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar juga menumbuhkan ketrampilan berkomunikasi serta mengembangkan bakat siswa dalam bermain drama, melatih mental keberanian anak.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter