Jasa Tutorial Online



Tutorial online Universitas Terbuka merupakan sistem pembelajaran jarak jauh yang diselenggarakan oleh Universitas Terbuka bagi mahasiswa aktif baik dari reguler maupun non reguler. Tutorial Online dimaksudkan sebagai fasilitas yang diberikan oleh UT kepada mahasiswanya untuk membantu memahami materi perkuliahan. Tutorial Online yang berbasiskan Moodle ini menawarkan banyak fitur yang menunjang kegiatan pembelajaran antara tutor dengan mahasiswa, sehingga program pendidikan jarak jauh yang selama ini UT tawarkan dapat dilakukan lebih optimal.
Tuton adalah layanan tutorial berbasis internet atau web based tutorial (WBT), yang di tawarkan oleh UT dan diikuti oleh mahasiswa melalui jaringan internet dan  merupakan salah satu dari bentuk tutorial yang di selenggarakan UT.

  • Mengoptimalkan pemanfaatan jaringan internet untuk memberikan layanan bantuan belajar kepada mahasiswa.
  • Memungkinkan proses pembelajaran jarak jauh di desain lebih komunikatif dan interaktif Link
  • Memberi alternatif pilihan bagi mahasiswa yang memiliki akses terhadap jaringan internet untuk memperoleh layanan bantuan belajar secara optimal.
acoount password untuk dapat masuk ke situs Tuton. Sebelum mahasiswa melakukan proses login, dianjurkan bagi para siswa untuk mendownload dan membaca panduan tuton yang telah tersedia pada situs tutorial tersebut.
Adapun syarat untuk mengikuti Tutorial Online ini adalah sebagai berikut. 
  • Yang dapat menjadi anggota UT-Online adalah mahasiswa UT program Pendas, Non Pendas dan Pasca Sarjana
  • Wajib memiliki pengetahuan secara umum mengenai internet, dapat mengakses halaman web dan email. Serta paham istilah-istilah umum seputar teknologi informasi/internet
  • Wajib memiliki alamat email, Bagi yang belum silahkan mendaftarkan alamat email pada situs situs free email (yahoo,hotmail,dsb), UT tidak melayani permintaan pembuatan email oleh mahasiswa
  • Mahasiswa wajib mengisikan data data yang benar saat proses aktifasi
  • Mahasiswa tidak diijinkan untuk menyebarkan informasi data username dan password mahasiswa untuk alasan apapun kepada mahasiswa / pihak lain.
  • Administrator sistem UT berhak melakukan penghapusan account jika mahasiswa melakukan tindakan yang dinilai dapat membahayakan sistem UT-Online dan atau menggunakan fasilitas UT-Online yang dinilai menganggu kepentingan bersama komunitas UT-Online (penyebaran info sara, menyinggung anggota lain)
  • Administrator sistem UT berhak melakukan penghapusan account jika mahasiswa menggunakan data data yang dikemudian hari diketahui tidak benar misal penggunaan alamat email palsu.
  • Administrator sistem UT berhak melakukan penghapusan account jika mahasiswa tidak mengakses / login kedalam situs UT-Online sekurang - kurangnya 180 hari sejak login terakhir.
  • Mahasiswa yang ingin mereset password atau lupa password dapat memperoleh passwordnya kembali melalui fasilitas lupa password Untuk alasan keamanan, Administrator UT tidak melayani permintaan password melalui email, dan telepon.
  • Mahasiswa yang accountnya terhapus, dapat melakukan prosedur aktifasi ulang.
  • Administrator sistem UT tidak bertanggung jawab atas segala masalah yang mungkin timbul akibat dilanggarnya kesepakatan ini.
Ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu, setiap perubahan ketentuan akan diinformasikan secara resmi melalui situs UT.

Tujuan dari penyelenggaraan Tuton adalah:

untuk dapat mengakses Tuton, mahasiswa harus melakukan aktivasi account pada situs http://elearning.ut.ac.id. Setelah proses ini dilakukan mahasiswa akan memperoleh

Tuton dilaksanakan setiap semester selama 8 (Delapan) minggu atau kira-kira 2 (dua) bulan sebelum melaksanakan UAS tiap semester. Kontribusi nilai tuton terhadap nilai akhir sebesar maksimal 30 %. Nilai maksimal dapat diperoleh bila mahasiswa menjadi peserta aktif dalam melaksankan tuton. Peserta aktif adalah peserta yang membaca inisiasi, merespons dengan cara mengajukan pertanyaan atau tanggapan, berdiskusi dan mengerjakan tugas pada inisiasi ke 3,5 dan 7. Sedangkan peserta pasif adalah peserta yang hanya membaca inisiasi saja, tanpa ikut serta memberikan pertanyaan, tanggapan dan jawaban tugas..


=================================================================
Namun masih ada kendala yang dihadapi mahasiswa mulai dari tidak mempunyai fasilitas komputer. tidak ada koneksi internet karena ada di pedalaman atau juga karena kurangnya pengetahuan mahasiswa tentang tutorial online sehingga urung mengikuti perkuliahan secara online tersebut.

Om Dompet hadir untuk memberi bantuan kepada mahasiswa UT yang hendak melakukan Tutorial Online dengan ketentuan sebagai berikut.

  • Sudah melakukan registrasi mata kuliah
  • Memberikan data Nama, NIM, dan Tanggal Lahir serta Mata Kuliah yang akan ditutorkan
  • Biaya BANTU TUTON OM DOMPET adalah Rp. 200.000 / mata kuliah, dibayarkan sebelum aktivitasi.

Fasilitas yang didapat:
  • Absensi pada setiap sesi tutorial 
  • Inisiasi dan diskusi pada setiap sesi tutorial 
  • Pengerjaan Tugas dan pengiriman ke laman elearning 

    *) Jika mahasiswa ingin mengunggah sendiri materi diskusi dan tugas tutorial, cukup mengirimkan instruksi dari tutorial ke Om Dompet. 




1 komentar untuk "Jasa Tutorial Online"

ridwan Senin, September 21, 2015 Hapus Komentar
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.