Pengantar Karya Ilmiah Universitas Terbuka


Latar Belakang 

Menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya merupakan salah satu prasyarat kelulusan setiap program studi yang wajib dilakukan dan dipenuhi oleh para mahasiswa yang sedang berada di akhir program studinya. Karya ilmiah yang dimaksud adalah artikel ilmiah, yang disusun dan dikembangkan dengan memperhatikan ketentuan- ketentuan khusus yang berkaitan dengan: isi, bahasa, penalaran, sistematika dan format, serta konvensi lainnya. Secara khusus, berbagai ketentuan tersebut dijelaskan dalam Panduan Mata Kuliah Karya Ilmiah ini, terutama pada Bagian II. Kemampuan menulis karya ilmiah merupakan kemampuan berproses yang tidak dapat dikuasai secara serta merta. Untuk memperoleh kemampuan tersebut, mahasiswa diwajibkan mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan melalui: kegiatan belajar mandiri, pengerjaan tugas-tugas, dan pembimbingan oleh para tutor atau pembimbing yang berkompeten. Para tutor atau pembimbing mata kuliah adalah para dosen atau praktisi di seluruh Indonesia dan luar negeri yang sudah mendapatkan pembekalan dari UT. Sebagai rujukan baku, UT menyediakan satu Panduan, yang memuat penjelasan tentang penyelenggaraan pembelajaran mata kuliah karya ilmiah dan ketentuan Penulisan Karya Ilmiah, Acuan tersebut wajib dimiliki dan dipelajari oleh seluruh mahasiswa peserta mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah ini. Bahkan juga wajib dipelajari oleh tutor/ instruktur dan petugas terkait di UT Pusat dan UPBJJ. Dengan demikian, semua pihak terkait diharapkan mempelajari dan memanfaatkan Panduan tersebut agar pembelajaran dapat mencapai tujuan dan luaran yang diharapkan. 

Tujuan 

Keberadaan Panduan Mata Kuliah Karya Ilmiah Universitas Terbuka ini bertujuan membekali mahasiswa, tutor, instruktur, dan petugas terkait di UT Pusat dan UPBJJ dengan pemahaman standar terkait dengan penyelenggaraan bimbingan mata kuliah karya ilmiah dan ketentuan penulisan karya ilmiah, khususnya artikel ilmiah. Dengan demikian, melalui panduan ini, segenap pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan mata kuliah ini diharapkan dapat memiliki pemahaman dan penyelenggaraan tentang: 

  1. konsep, fokus, mekanisme, dan ketentuan terkait dengan mata kuliah karya ilmiah yang harus dikuasai mahasiswa; 
  2. rangkaian kegiatan belajar yang harus dilakukan mahasiswa, seperti belajar mandiri, tugas, dan luaran yang dihasilkan mahasiswa; serta 
  3. penyelenggaraan dan pengelolaan pembelajaran mata kuliah Karil. 

Ruang Lingkup

Panduan Mata Kuliah Karya Ilmiah ini memuat: 

  1. Konsep, fokus, mekanisme, dan berbagai ketentuan baku dalam penulisan artikel ilmiah; terutama artikel ilmiah; 
  2. pelaksanaan kegiatan pembelajaran mata kuliah artikel ilmiah, mulai dari registrasi mata kuliah, bahan ajar, syarat dan tugas pembimbing, pola kegiatan bimbingan, plagiasi dan tindakan tidak terpuji dalam menulis artikel ilmiah, serta penilaian artikel ilmiah yang dihasilkan mahasiswa; 
  3. pengelolaan penyelenggaraan kegiatan bimbingan penulisan artikel ilmiah dan penjaminan mutu; 
  4. ketentuan penulisan karya ilmiah yang memenuhi aspek konsistensi gaya bahasa dan gaya tulisan, serta standar atau keseragaman yang menjadi ciri khas UT.

Struktur Panduan

Panduan Penyelenggaraan Mata Kuliah Karya Ilmiah ini secara garis besar terdiri dari 2 (dua) bagian, yaitu: 

  1. Bagian 1 membahas Penyelenggaraan Bimbingan Mata Kuliah Karya Ilmiah 
  2. Bagian 2 membahas Ketentuan Penulisan Karya Ilmiah


    Sumber : https://pustaka.ut.ac.id/lib/


    Konsultasi tentang Karya Ilmiah, klik tombol PESAN SEKARANG di bawah ini :


Posting Komentar untuk "Pengantar Karya Ilmiah Universitas Terbuka"